PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Abstrak

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Tema Pencemaran Lingkungan. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 2019.

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model four D (4D) yang diadaptasi dari Thiagarajan dkk, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Dessiminate (Penyebaran). Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif tema pencemaran lingkungan berbasis discovery learning untuk siswa SMP kelas VII, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif tema pencemaran lingkungan berbasis discovery learning untuk siswa SMP kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist dan diisi oleh validator dan peserta didik SMP kelas VII. Data nilai kualitas yang diperoleh dianalisis menggunakana analisis deskriptif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang dikembangkan dapat digunakan di sekolah berdasarkan penilaian validator mendapatkan persentase keidealan keseluruhan 74,76 % termasuk dalam kategori baik (B) berdasarkan skala persentase keidealan produk. Berdasarkan penilaian peserta didik mendapatkan persentase keidelan keseluruhan 81,38  % dengan kategori Sangat Baik (A) berdasarkan skala persentase keidealan produk.

 

View / Open Files
Authors
  • Nadia Fadhila
  • Astuti Wijayanti
  • Widowati Pusporini
Publication Date

2019-08

Keywords

Media Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning