Ahmad Riyadi. 2019006025. Pengembangan E-Modul pada mata pelajaran gambar teknik otomotif berbasis android di SMK Perindustrian Yogyakarta. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta. 2023. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan e-modul pada mata pelajaran gambar teknik otomotif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta. (2) mengetathui kelayakan pengembangan emodul pada mata pelajaran gambar teknik otomotif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta. (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan e-modul gambar teknik otomotif kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini mengggunakan model penelitian pengembangan Thiagarajan, dalam pengembangan pembelajaran digunakan model yang disebut Four-D Model (4D), yakni Define (pendefinisian), Design (desain), Develop (pengembangan), Disseminate (pendesiminasian). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu dengan menganalisis data kuantitatif yang di peroleh dari angket validasi ahli dan uji coba lapangan. Data kuantitatif yang berupa angka - angka hasil perhitungan di jumlah kemudian di bandingkan dengan skor maksimal sehingga di peroleh presentase kelayakan serta peningkatan motivasi belajar siswa.. Hasil dari penelitian kelayakan e-modul gambar teknik otomotif adalah: (1) presentase skor penilaian dari ahli materi sebesar 76,8% (2) presentase skor penilaian dari ahli media sebesar 82,7% dan, (3) presentase skor respon peserta didik terhadap e-modul dari uji coba produk 87,84% Berdasarkan dari skor penilaian dan tanggapan di atas dapat di simpulkan bahwa e-modul gambar teknik otomotif ini sangat layak digunakan. Hasil dari uji coba e-modul untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah (1) data sebelum menggunakan e-modul yaitu 60,46%, (2) pada data sesudah menggunakan e-modul pertemuan pertama mendapatkan data yaitu 87,30%, (3) pada pertemuan kedua mendapatkan data 94,84% dari 100%. Dari pengambilan data diatas dapat disimpulkan bahwasanya terdapat peningkatan pada motivasi belajar siswa setelah menggunakan e-modul gambar teknik otomotif. Maka dari presentase diatas dapat dikatakan peningkatan motivasi belajar siswa keseluruhan yaitu 34,38%.
2023-07
e-modul, gambar teknik otomotif, pengembangan, peningkatan motivasi