Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri Jurangjero, Kulon Progo

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di SD Negeri Jurangjero, 2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kemampuan membaca siswa pada kelas IV di SD Negeri Jurangjero, 3) Menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi faktor penghambat kemampuan membaca siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di SD Negeri Jurangjero. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang pelaksanaannya dilakukan di SD Negeri Jurangjero, Kulon Progo. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga April 2022. Subjek pada penelitian adalah kemampuan membaca siswa kelas IV dengan objek pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi (sumber, metode dan waktu). Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan membaca siswa kelas IV pada pembelajaran tematik SD Negeri Jurangjero pada tingkat pemahaman literal berkategori cukup, tingkat pemahaman interpretatif dan kritis berkategori baik serta tingkat pemahaman kreatif berkategori kurang. 2) Faktor pendukung pada kemampuan membaca siswa antara lain pada metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru, media pembelajaran yang digunakan, dan faktor lingkungan siswa maupun latar belakang dari siswa. Faktor penghambat pada kemampuan membaca siswa adalah faktor internal siswa yaitu siswa masih terburu-buru dalam memahami teks bacaan. 3) Solusi mengatasi faktor penghambat kemampuan membaca siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di SD Negeri Jurangjero antara lain guru kelas harus memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan pada kemampuan membaca, guru perlu menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua/wali siswa, orang tua siswa harus andil dan memperhatikan kemampuan membaca anaknya, dan minat membaca siswa harus dikembangkan dan dilatih.

View / Open Files
Authors
  • Maylisa Nursolekhah
  • Siti Anafiah
  • Biya Ebi Praheto
Publication Date

2022-07

Keywords

kemampuan membaca, pembelajaran tematik, siswa SD