ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Abstrak

Dyah Rizqi Widya Hapsari. 201604037. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas X SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2020

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui persentase kesalahan konsep yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal uraian, (2) untuk mengetahui kesalahan prosedur yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal uraian, (3) untuk mengetahui kesalahan operasi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal uraian, dan (4) untuk mengetahui kesalahan paling besar yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal uraian.

Penelitian ini dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TSM 1 yang berjumlah 20 siswa. Obyeknya adalah kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian tentang matriks. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Uji coba instrumen tes yang digunakan adalah validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Untuk validitas isi peneliti menggunakan 3 validator yang merupakan 1 guru mata pelajaran matematika dari SMK PIRI 1 Yogyakarta dan 2 dosen ahli dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang hasil validasinya diperoleh 0,667 sampai 1 yang artinya soal yang diberikan untuk siswa merupakan soal yang sangat valid. Tingkat kesukaran diperoleh hasil 0,425 sampai 0,735 yang tergolong soal yang mudah dan sedang. Untuk daya beda peneliti menggunakan peneliti menggunakan rumus korelasi biseral momen produk dari Karl Pearson diperoleh hasil 0,694 sampai 0,850 karena hasilnya lebih besar dari 0,3 maka soal tersebut merupakan soal yang layak untuk diberikan. Untuk reliabilitasnya peneliti menggunakan perhitungan r11 yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan r tabel Robert L. Ebel pada tarif signifikansi 5% yang hasilnya adalah 0,795 dengan r tabel n = 5 adalah 0,20 maka soal ini merupakan soal yang reliabel dengan kategori tinggi. Untuk analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan jenis kesalahannya adalah kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan operasi.

Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMK PIRI 1 Yogykarta yang subyeknya adalah siswa kelas X TSM 1 adalah siswa melakukan kesalahan konsep sebesar 31,94 % yang tergolong ke kategori rendah. Siswa melakukan kesalahan prosedur sebesar 58,8 % yang tergolong ke kategori sedang. Siswa melakukan kesalahan operasi sebesar 41,75 % yang tergolong ke kategori sedang. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan prosedur sebesar 58,8%  Dengan demikian disarankan guru sering memberikan latihan soal kepada siswa yang pengerjaannya harus dengan jawaban yang baik dan benar sesuai dengan bentuk soal yang diberikan. Siswa juga harus sering berlatih mengerjakan soal dengan pengerjaan yang sempurna agar tidak mengulang kesalahannya lagi.

View / Open Files
Authors
  • Dyah Rizqi Widya Hapsari
  • Benedictus Kusmanto
  • Annis Deshinta Ayuningtyas
Publication Date

2020-09

Keywords

Analisis Kesalahan, Soal Uraian, Matriks