Penelitian ini dilakukan terhadap jemaah haji dari KBIHU Aisyiyah Kabupaten Sleman. Adapun populasi penelitian adalah jemaah KBIHU Aisyiyah Kabupaten Sleman yang akan berangkat tahun 1441 H/2020 M sebanyak 120 orang. Jumlah sampel yang digunakan 93 responden, menggunakan Metode Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui instrumen kuesiner. Untuk melakukan pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan alat bantu software SPSS 25. Sementara itu, untuk menguji Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Analisis data menggunakan SmartPLS 3.2.8. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen untuk seluruhnya dinyatakan valid dan reliabel, sedangkan hasil pengujian CFA terdapat satu indikator yang tidak valid yaitu, X1.2. Uji model fit menunjukan SRMR yang baik (0,073 < 0,10), Chi-Square sangat baik (363,19 <552), NFI baik (0,766 mendekati 1), dan Rms Theta tidak baik (0,186 > 0,12). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Metode Pembelajaran tidak berpengaruh terhadap Efekktifitas Penguasaan Materi dengan hasil Pvalue (0,959) > (a=0,05), Pengalaman berpengaruh positip dan signifikan terhadap Efekktifitas Penguasaan Materi dengan hasil Pvalue (0,037) < (a=0,05), Motivasi berpengaruh positip dan signifikan terhadap Efektifitas Penguasaan Materi dengan hasil Pvalue (0,000) < (a=0,05), Metode Pembelajaran berpengaruh positip dan signifikan terhadap Kinerja Pembimbing dengan hasil Pvalue (0,046) < (a=0,05), Pengalaman tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pembimbing dengan hasil Pvalue (0,504) > (a=0,05), Motivasi tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pembimbing dengan hasil Pvalue (0,826) > (a=0,05). Selanjutnya dari hasil analisis mediasi, menunjukkan bahwa efektifitas penguasaan materi mampu memberikan efek mediasi antara variabel pengalaman pembimbing dan motivasi pembimbing terhadap kinerja pembimbing. Namun efek mediasi tidak terjadi pada pengaruh metode pembelajaran terhadap kinerja pembimbing.
2020-04
Metode Pembelajaran, Pengalaman Pembimbing, Motivasi Pembimbing, Efektifitas Penguasaan Materi, Kinerja Pembimbing.