ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 SEKARSULI BANTUL

Abstrak

Windi Luqianingrum. 2016015346. Analisis Pelaksanaan Penilaian pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sekarsuli Bantul. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2020.

       Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk penilaian pada pembelajaran tematik bermuatan IPS kelas IV (2) pelaksanaan penilaian pada pembelajaran tematik bermuatan IPS kelas IV (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian pada pembelajaran tematik bermuatan IPS di kelas IV.

         Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli Bantul dimulai dari tanggal 21 Januari 2020 sampai 5 Februari 2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data primer berisi hasil wawancara dan catatan hasil observasi yang didapat dari kepala sekolah, guru kelas IV dan juga peserta didik kelas IV, sedangkan data sekunder berisi hasil dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan konklusi (conclusion). Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan cek anggota (member check) dan triangulasi.

       Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk penilaian yang digunakan ialah ranah kognitif, afektif dan psikomotor. (2) Pelaksanaan penilaian pada pembelajaran tematik bermuatan IPS dilaksanakan ketika pembelajaran berlangsung dan di luar pembelajaran, ketiga ranah menggunakan teknik penilaian yang berbeda, (a) Ranah kognitif, meliputi tes tulis antara lain ulangan harian, PTS, dan PAS (b) Ranah afektif meliputi observasi, penilaian diri dan penilaian antar teman (c) Ranah psikomotor meliputi penilaian kinerja dalam kelompok. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian antara lain, faktor pendukungnya meliputi adanya diklat, pelatihan dan workshop terkait dengan penilaian, terdapat perangkat penilaian dan instrumen yang memudahkan guru, adanya fasilitas sekolah untuk mendukung penilaian. Sedangkan faktor penghambatnya ialah terlalu rumitnya penilaian mengakibatkan guru kesulitan dalam mengembangkan penilaian, keadaan siswa yang kurang mendukung proses penilaian, pelaksanaan penilaian muatan IPS memerlukan waktu yang lama.

View / Open Files
Authors
  • Windi Luqianingrum
  • Heri Maria Zulfiati
  • Dwi Wijayanti
Publication Date

2020-09

Keywords

Penilaian, Pembelajaran Tematik, IPS