Jembatan beton banyak mengalami perkembangan, baik variasi maupun modifikasi. Salah satu perkembangannya dengan pemberian tulangan pada gelagar beton. Pre-stressed Concrete I girder (PCI girder) adalah balok girder dengan profil seperti huruf I yang diberikan tulangan pra tegang. Tol Waru-Sidoarjo dibangun menggunakan konstruksi PCI girder, namun dalam perencanaan desain Tol Waru-Sidoarjo masih menggunakan RSNI T-02-2005. Sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap struktur jembatan dengan menggunakan pembebanan berdasarkan SNI 1725-2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembebanan SNI 1725-2016 terhadap keamanan struktur PCI girder Tol Waru-Sidoarjo. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, PCI girder Tol Waru-Sidoarjo terjadi lendutan maksimum sebesar 60mm dan tegangan 20,77 MPa, sedangkan momen maksimal yang dihasilkan adalah 11.839 kNm. PCI girder Tol Waru-Sidoarjo memiliki kapasitas momen sebesar 13.574,19kNm. Lendutan dan tegangan tersebut masih berada dalam batas yang diijinkan yaitu 10,7cm dan 27,00 MPa.
2021-01
PCI girder, Tol Waru-Sidoarjo, SNI 1725-2016, RSNI T-02-2005