ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK HURUF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SECARA DARING Di SD NEGERI PAKEM 4 SLEMAN

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan penggunaaan media pembelajaran kotak huruf  (2) mengetahui kendala penggunaan media pembelajaran kotak huruf (3) mengetahui faktor pendukung penggunaaan media pembelajaran kotak kartu huruf  (4) Solusi guru dalam mengatasi kesulitan pada pembelajaran tematik PPkn.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pakem 4. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakem 4. Kemudian sample diambil dari Guru kelas IV, dan 10 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah model analisis data interaktif dalam langkah-langkah sebagai berikut : pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan wawancara                  

Bedasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa penerapan media pembelajaran kotak huruf mirip Powerpoint interktif dilakukan secara daring menggunakan Zoom Meeting. Faktor pendukung media kotak huruf yaitu media dapat dioperasikan secara daring tanpa mengurangi fungsi media tersebut. Kendala penggunaan media  yaitu jaringan internet tidak stabil, terdapat beberapa siswa tidak mengikuti pembelajaran tanpa ada alasan dan keluhan penggunaan kuota internet yang boros. Solusi yang di berikan adalah memberika kuota internet untuk siswa dan guru, memberikan toleransi kepada siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring.        

View / Open Files
Authors
  • Alwi Caniago
  • Nadziroh
  • Wachid Pratomo
Publication Date

2022-08

Keywords

Media Pembelajaran, Hasil Belajar, PPKn