Analisis Tingkat Kepuasan konsumen Omman Coffee di Yogyakarta (Spesialis Kopi Temanggung)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen di Omman Coffee Yogyakarta. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analistik dengan pendekatan survey. Penelitian dilakukan pada Bulan Maret 2020 di Omman Coffee Daerah Istimewa Yogyakarta. metode pengambilan sampel menggunakan Accidential Sampling dengan jumlah Sampel 100 responden. Variabel penelitian menggunakan atribut bauran pemasaran yaitu Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses dan Bukti fisik.  Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performa Analysis dan Customer Satisfaction Index. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang harus dijadikan prioritas dalam peningkatan kinerja pelaksanaannya adalah Penampilan Produk , Kebersihan Tempat, Keramahan pelayanan, Tanggap dalam pelayanan, Ketepatan dalam penyajian, Sarana parkir, Musik Ruangan dan Penerangan kedai. Nilai CSI dari bauran pemasaran Omman Coffee adalah sebesar 0,8886 persen. Nilai tersebut berada pada selang 0,81-1,00 persen, artinya konsumen telah merasa sangat puas terhadap kinerja bauran pemasaran Omman Coffee.

View / Open Files
Authors
  • Antoro Pringgo
  • Ign Suprih Sudrajat
  • Ari Astuti
Publication Date

2021-01

Keywords

Bauran Pemasaran, Importance Performa Analysis, Customer Satisfaction Index, Kepuasan konsumen