EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF KAIN TAPIS LAMPUNG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI

Abstrak

Nurul Arsita. 2016004057. Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tapis Lampung Sebagai Sarana Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2019.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada motif kain tapis Lampung. Konsep matematika yang teridentifikasi pada motif kain tapis Lampung dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran matematika pada materi geometri.

Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif, sedangkan sumber data diperoleh dari studi literatur dan dokumentasi yang berkaitan dengan motif kain tapis Lampung. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument (peneliti itu sendiri). Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara validitas, kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnomatematika pada motif kain tapis Lampung dapat diidentifikasi dari motif geometris kain tapis yang mengandung konsep matematika yaitu berupa garis horizontal, garis sejajar, segitiga, segienam, trapesium, dan transformasi geometri. Pada konsep garis horizontal dan garis sejajar dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran matematika untuk menghitung persamaan garis, pada konsep segitiga dan segienam digunakan untuk menghitung luas dan keliling, dan pada konsep transformasi geometri digunakan untuk memahami konsep rotasi dan refleksi.

View / Open Files
Authors
  • Nurul Arsita
  • Sri Adi Widodo
  • Denik Agustito
Publication Date

2020-01

Keywords

Etnomatematika, Kain Tapis Lampung, Geometri