ABSTRAK
Anik Rusmiati. 2017015109. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Profesionalitas Guru di SD Negeri Baran 1 Rongkop Gunungkidul.
Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Srjanawiyata Tamansiswa
Yogyakarta, 2021.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan gaya
kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD
Negeri Baran 1 Rongkop Gunungkidul. (2) untuk mengetahui hambatan yang
dialami Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD Negeri
Baran 1 Rongkop Gunungkidul. (3) untuk mengetahui strategi yang digunakan
Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SD Negeri Baran 1
Rongkop Gunungkidul.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang
dilaksanakan di SD Negeri Baran 1 Rongkop Gunungkidul pada bulan Maret
sampai April 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru
kelas I-VI dengan menggunakan teknik wawancara,observasi, yang dilanjutkan
dengan teknik dokumentasi untuk melengkapi hasil penelitian. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan yang
digunakan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru yaitu dengan
menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dengan memberikan kebebasan
berpendapat dan pengambilan keputusan mengutamakan musyawarah, Kepala
Sekolah dapat mengayomi dan menjadi suri tauladan yang baik bagi guru dan
warga sekolah dalam berkomunikasi maupun bertindak dalam menjalankan tugas
dan tanggung jawabnya. (2) hambatan dalam meningkatkan profesionalitas guru
yaitu fasilitas berupa sarana prasarana pendukung pembelajaran yang masih
belum memadai, dalam pembelajaran secara daring terkendala sinyal dan
handphone. (3) strategi dalam meningkatkan profesionalitas guru yaitu dengan
memberikan evaluasi pembelajaran berupa monitoring secara berkala,
memberikan kesempatan pendidik untuk mengikuti kegiatan keprofesian dan
memberikan dukungan berupa motivasi, pendampingan serta pembimbingan.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru
2021-09
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru