HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PPKN SD NEGERI KEREP PURWOREJO

Abstrak

Meilinda Dwi Handayani, (2018015259). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PPKn SD Negeri Kerep Purworejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2022.

            Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan hubungan antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn SD Negeri Kerep Purworejo, 2) untuk mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn SD Negeri Kerep Purworejo. 3) untuk mendeskripsikan hubungan antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn SD Negeri Kerep Purworejo

            Jenis penelitian ini  adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kerep Purworejo dengan keseluruhan jumlah siswa 18 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenuh. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Uji validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh 22 angket interaksi teman sebaya kategori valid, 26 angket motivasi belajar kategori valid dan 20 tes hasil belajar PPKn kategori valid. Sedangkan uji reabilitas angket menggunakan Alpha Cronbach diperoleh nilai ri interaksi teman sebaya sebesar 0,943 dengan kategori sangat tinggi, nilai ri motivasi belajar sebesar 0,949 dengan kategori sangat tinggi dan nilai ri soal tes hasil belajat PPKn sebesar 0,941 dengan kategori sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif , uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan interaksi teman sebaya berkecenderungan tinggi dengan skor rerata 65,67, motivasi belajar berkecenderungan tinggi dengan nilai skor 68,78, dan hasil belajar PPKn berkecenderungan sangat tinggi dengan nilai rerata 74,75. Secara korelatif menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan hasil belajar PPKn dengan nilai koefisien  = 0,493 dengan nilai P = 0,038< 0,05. Terdapat hubungan pada motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn (nilai koefisien ). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn  ( nilai  = 6,228 dengan nilai P = 0,011 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,454, nilai determinasi tersebut berarti berarti hasil belajar PPKn dapat dijelaskan oleh interaksi teman sebaya dan motivasi belajar  sebesar 45,4% sedangkan 54, 6% oleh faktor lain.

View / Open Files
Authors
  • Meilinda Dwi Handayani
  • Chairiyah
  • Wachid Pratomo
Publication Date

2022-08

Keywords

Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PPKn