Hubungan Antara Persepsi dengan Intensi Pembelian Produk Kosmetik Nature Republic, pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa  Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dengan intensi pembelian produk kosmetik Korea Nature Republic. Pengaruh global dalam penyebaran budaya Korea semakin terlihat dengan adanya berbagai faktor pendukung seperti media sosial dan media massa. Semakin banyak budaya dan produk Korea yang masuk ke Indonesia. Mulai dari drama film, lagu, fashion, gaya hidup, produk-produk industri serta berbagai jenis kosmetik. Korea mulai mewarnai kehidupan masyarakat dari berbagai kalangan serta latar belakang. Adanya keinginan dari konsumen (dalam hal ini mahasiswi) untuk memiliki kulit yang putih seperti artis-artis korea sehingga mereka menggunakaan produk tersebut dengan harapan memiliki kulit yang putih dan bersih. 

 Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi dengan intensi pembelian produk kosmetik Korea Nature Republic pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert persepsi dan intensi membeli. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling.  

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 16.0 (Statistical Package for Social Science’s Version 16.0 for Windows). Analisis data pada penelitian ini menghasilkan (r) = 0,402 dengan taraf signifikan 0,000 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif antara persepsi dengan intensi pembelian, sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi persepsi, maka akan semakin tinggi intensi pembelian produk kosmetik Korea nature Republic.

View / Open Files
Authors
  • Srigading Lois Suprobo
  • Hartosujono
  • Flora Grace Putrianti
Publication Date

2019-07

Keywords

persepsi, intensi pembelian, kosmetik Korea, Nature Republic