HUBUNGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KARANGDADAP

Abstrak

Muhamad Darmawan Hardianto. 2016006008. Hubungan Pembelajaran Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2021.

            Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya : (1) Hubungan pembelajaran menggunakan internet sebagai sumber belajar dan pembelajaran menggunakan modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. (2)  Hubungan pembelajaran menggunakan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. (3) Hubungan pembelajaran menggunakan modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Karangdadap pada akhir September 2020. Jumlah populasi sebanyak 72 siswa denan teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling total sebanyak 72 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan berganda yang didahului uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas dengan bantuan software SPSS versi 2.1.

Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : (1) Hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran menggunakan internet sebagai sumber belajar dan pembelajaran menggunakan modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. (2) Hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran menggunakan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. (3) Hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran menggunakan modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap Pekalongan.

View / Open Files
Authors
  • Muhamad Darmawan Hardianto
  • Subagyo
  • Arif Bintoro Johan
Publication Date

2021-06

Keywords

Pembelajaran Internet, Pembelajaran Modul, Hasil Belajar.