IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SD SE-GUGUS 01 MANTRIJERON YOGYAKARTA

Abstrak

 Nova Anisa Amalia. 2016015031. Implementasi Media Flash Card Melalui Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas II di SD Se-gugus 01 Mantrijeron Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, implementasi, faktor pendukung, faktor penghambat dan solusi untuk faktor penghambat Implementasi Media Flash Card Melalui Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas II di SD Se-gugus 01 Mantrijeron Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer atau subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas II di SD Negeri Suryowijayan dan SD Negeri Gedongkiwo yang tergabung dalam SD Se-gugus 01 Mantrijeron Yogyakarta, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan interactive model yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Media Flash Card dalam pembelajaram tematik muatan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah digunakan namun dalam penggunaanya belum maksimal karena disesuikan dengan materi yang diajarkan, (2) faktor pendukung dengan guru menggunakan metode yang bervarasi misalnya dengan berkelompok, diskkusi dan tanya jawab dan model pembelajaran yang efektif tidak hanya ceramah saja, (3) faktor penghambat dalam mengimplementasikan media flash card yaitu keterbatasaan guru dalam membuat media pembelajaran yang menyebabkan guru menggunakan media seadanya, kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media, keterbatasan waktu dalam pembuatan media dan juga dari siswa sendiri yang kurang fokus dan memperhatikan saat menerima pembelajaran dari guru. (4) Solusi untuk mengatasi hambatan dalam implementasi media flash card adalah guru hurus lebih mengembangkan kreatifitas dalam menggunakan media pembelajaran, menyesuaikan materi dan kebutuhan belajar siswa, mengikuti pelatihan, harus mampu mengatur waktu dan juga menfokuskan siswa pada saat menerima pembelajaran dari guru.

View / Open Files
Authors
  • Nova Anisa Amalia
  • Nadziroh
  • Wachid Pratomo
Publication Date

2020-04

Keywords

Implementasi, Media Flash Card, Pembelajaran Tematik