Abstrak
Rahmad Sudiarto. 2017015258. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Tematik Bermuatan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV SDN 20 Tempilang. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2021
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran tematik bermuatan (PKn) kelas IV SDN 20 Tempilang, 2) Mendeskripsikan apa saja nilai-nilai Pancasila yang di implementasikan dalam pembelajaran tematik bermuatan (PKn) kelas IV SDN 20 Tempilang, 3) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran tematik bermuatan (PKn) kelas IV SDN 20 Tempilang, 4) Mendeskripsikan apa saja hambatan-hambatan implementasikan nilai-nili Pancasila dalam pembelajaran tematik bermuatan (PKn) kelas IV SDN 20 Templang.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Januari 2021 sampai bulan Agustus 2021. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang di gunakan adalah teringulasi sumber, tringulasi Teknik, dan tringulasi waktu. Teknuk analisis data menggunakan model Miles dan Hubermann yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpilan.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Implementasi nilai- nilai Pancasila di SDN 20 Tempilang sudah di upayakan dalam pelaksanaan pembelajaran dan pembisaan dalam lingkungan sekolah 2) Nilai-nilai pancasila yang di terapkan yaitu sila pertama berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, sila kedua saling menghormati, menghargai keberagaman, sila ketiga mentaati seluruh peraturan dan tata tertib di sekolah, menunjukkan sikap menghargai dalam perbedaan, sila keempat membiasakan musyawarah dalam mengambil keputusan, sila kelima bersikap adil, toleransi antar teman tanpa memandang latar belakang, 3) faktor pendukung dari implementasi nilai-nilai Pancasila pada kelas IV SDN 20 Tempilang adalah guru, dan kepala sekolah menjadi contoh dan teladan dari penerapan nilai-nilai pancasila, kegiatan sekolah yaitu gotong royong, 4) faktor penghambat implementasi nilai-nilai pancasila adalah faktor lingkungan di luar sekolah yaitu rumah dan tempat bermain.