Sukur Ashari, 2019081054; Implementasi Pembelajaran Praktik Sistem Blok Mapel Produktif di SMK Negeri 1 Ambal Kabupaten Kebumen, Tesis, Yogyakarta : Program Studi Manajemen Pendidikan, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2021.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran praktik sistem blok mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Ambal; (2) Mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran praktik sistem blok mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Ambal; (3) Mengetahui bagaimana kualitas hasil pembelajaran praktik sistem blok mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Ambal; (4) Mengetahui bagaimanakah tingkat efektifitas implementasi pembelajaran praktik sistem blok mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Ambal; (5) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran praktik sistem blok mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Ambal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus menggambarkan secara menyeluruh tentang bentuk, fungsi, dan makna. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Hubberman. Peneliti mereduksi, menyajikan, menarik kesimpulan, dan memferivikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan: (1) Perencanan implementasi pembelajaran praktik sistem blok mapel produktif di SMK Negeri 1 Ambal sudah baik (2) Pengorganisasian implementasi pembelajaran praktik sistem blok mapel produktif ini juga sangat baik karena sebelum pelaksanaan, terlebih dulu dilakukan pembekalan atau sejenis pelatihan dan workshop pembuatan perangkat pembelajaran bagi guru produktif untuk meningkatkan kompetensi guru produktif (3) Pengawasan implementasi pembelajaran praktik sistem blok mapel produktif ini juga sudah baik karena tingkat kontrolnya berlapis (4) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat sehingga pembelajaran praktik sistem blok mapel produktif di SMK Negeri 1 Ambal dapat terimplementasi.
2021-05
Implementasi, Pembelajaran praktik, Sistem blok, Mata pelajaran produktif