IMPLEMENTASI SISTEM AMONG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER MANDIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SE-GUGUS 3 SANDEN BANTUL

Abstrak

Intan Meyska Aulia. NIM 2016015396. Implemntasi Sistem Among Untuk Menumbuhkan Karakter Mandiri Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas V Se-gugus 3 Sanden Bantul. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2020. Penelitian ini secara deskriptif bertujuan : 1) Untuk mengetahui sejauh mana implemntasi sistem among dalam menumbuhkan karakter mandiri siswa kelas V Se-Gugus 3 Sanden Bantul tahun pelajaran 2019/2020; 2) Untuk mengetahui adakah faktor penghambat dalam mengimplementasikan sistem among untuk menumbuhkan karakter mandiri siswa kelas V pada pembelajaran PPKn; 3) Untuk mengetahui solusi apa yang dibutuhkan dalam mengatasi hambatan mengimplemntasikan system among untuk menumbuhkan karakter mandiri siswa kela V pada pembelajaran PPKn. Secara Komparatif untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian sistem among untuk menumbuhkan karakter mandiri pada pembelajaran tematik muatan PPKn kelas V se-gugus 3 Sanden Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, dansiswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui bagaimana usaha guru dalam menanamkan karakter mandiri melalui pembelajaran tematik muatan PPKn. Teknik wawancara digunakan untuk menemukan permasalahan secara lebih terbuka. Teknik studi dokumentasi yang dipilih yaitu foto kegiatan pembelajaran, dan data-data yang berbentuk bahan tulisan yang menunjang kebutuhan pribadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pengimplementasian sistem among untuk menumbuhkan karakter mandiri pada siswa kelas V SD se-gugus 3 Sanden Bantul dilaksanakan dengan menerapkan sistem among dengan menerapkan ke dalam pembelajaran . sistem among diintegrasikan ke dalam pembelajaran tematik muatan PPKn dengan yang dituangkan ke dalam RPP. 2) faktor penghambaht dalam mengimplementasikan sistem among untuk menumbuhkan karakter mandiri siswa kelas V yaitu orang tua yang terlalu memanjakan anaknya, adanya perbedaan dari karakter siswa, semakin lunturnya sistem among. 3) solusi dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan pemberian motivasi kepada siswa untuk berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan pada karakter-karakter, adanya kerjasama guru dengan orang tua dengan cara mendekati siswa dengan hati-hati, dan sering menasehati, menanamkan pembiasaan kepada peserta didik seperti pembiasaan dalam berdoa.

View / Open Files
Authors
  • Intan Meyska Aulia
  • Nadziroh
  • Wachid Pratomo
Publication Date

2020-06

Keywords

implemntasi sistem among, menumbuhkan, karakter mandiri, tematik, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan