Ully Salamah Haryani. 20150152016. Korelasi Persepsi Mahasiswa PGSD UST pada Program Magang terhadap Kesiapan Mahasiswa menjadi Guru SD. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta, 2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara persepsi mahasiswa PGSD UST pada program magang terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru SD. Jenis penelitian menggunakan penelitian korelasi dengan pendekatan dekripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi PGSD angkatan 2015 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang berjumlah 363 mahasiswa dan 177 mahasiswa ini diambil menggunakan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel yaitu kesiapan menjadi guru SD (Y), variabel bebas yaitu persepsi mahasiswa PGSD UST pada program magang (X). Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi mahasiswa pada program magang terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru SD yang di tunjukkan dengan analisis nilai signifikan 0,002 < 0.05. Hasil analisis uji normalitas menunjukkan hasil sebesar 0,881 yang artinya berdistribusi normal. Hasil uji linearitas menunjukkan benarnya nilai korelasi atau hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat yaitu sebesar 0,227.sebesar 25,1%, sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti peran orang tua, prestasi akademik, dan teman sebaya.
2019-01
persepsi, program magang, kesiapan.