Novita Dewi, 2019081019 : Manajemen Pembelajaran Bahasa Mandarin di masa pandemi Covid pada Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta : Program Studi Manajemen Pendidikan, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas manajemen pembelajaran Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta terutama pada pelajaran bahasa Mandarin di masa pandemi Covid.
Jenis penelitian dari tesis ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam memperoleh data adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian adalah waka kurikulum, ketua MGRP, laoshi atau guru bahasa Mandarin serta santri di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggali dan menemukan, apakah pembelajaran bahasa Mandarin yang terhitung baru di MA Ali Maksum bisa berjalan dengan baik terutama selama masa pandemi Covid. Analisis yang digunakan adalah analisis model Miles and Huberman. Peneliti mereduksi, menyajikan, menarik kesimpulan, dan melakukan verifikasi data.
Berdasar hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan (1) Pembelajaran bahasa Mandarin di MA Ali Maksum masa pandemi covid tetap bisa berjalan dengan baik dengan melakukan sedikit penyesuaian-penyesuaian. (2) Perangkat pengajaran yang baik membuat laoshi bisa fokus dalam memberikan materi.
2021-05
manajemen pembelajaran. Bahasa Mandarin. Pandemi Covid.