Abstrak
Maria Fatima Siti, 2018081001: Manajemen Personalia Pendidikan Di Yayasan
Pangudi Luhur Pusat Semarang Jawa Tengah. Tesis. Yogyakarta: Direktorat
Pascasarjana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Jogjakarta, 2020.
Tujuan penelitian meliputi: (1) Untuk mengetahui fungsi perencanaan
manajemen personalia pendidikan di Yayasan Pangudi Luhur Pusat Semarang
Jawa Tengah; (2) Untuk mengetahui fungsi pengorganisasian manajemen
personalia pendidikan di Yayasan Pangudi Luhur Pusat Semarang Jawa Tengah ;
(3) Untuk mengetahui fungsi pelaksanaan manajemen personalia pendidikan di
Yayasan Pangudi Luhur Pusat Semarang Jawa Tengah; (4) Untuk mengetahui
evaluasi personalia pendidikan di Yayasan Pangudi Luhur Pusat Semarang Jawa
Tengah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kualitatif. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari Ketua Yayasan, Sekretaris
Yayasan , Ketua Tim Pembina Yayasan, Staf Bidang Kepegawaian Yayasan,
Kepala Sekolah SD Bernardus 04 Semarang. Obyek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah manajemen Personalia di Yayasan Pangudi Luhur Pusat
Semarang Jawa Tengah untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Metode
pengambilan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan milik Milles dan Michael
Huberman.
Hasil dari penelitian ini adalah: Yayasan Pangudi Luhur Pusat Semarang
melakukan perencanaan peersonalia pendidikan secara terprogram, terlaksana
secara rutin setiap tahun dengan waktu yang telah ditetapkan. pengorganisasian
manajemen personalia pendidikan Yayasan Pangudi Luhur Pusat Semarang
terlaksana dengan baik dan hasilnya sesuai yang diharapkan. Yayasan Pangudi
Luhur Pusat Semarang terlaksana dengan baik dan hasilnya sesuai, dimna fungsi
pelaksanaan manajemen personalia pendidikan dengan melakukan aktivitas
pengrekrutan dengan membuat promosi untuk mendapatkan tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan baru maupun untuk promosi jabatan Kepala Sekolah.
Demikian juga dalam menyeleksi personalia dimulai dari seleksi berkas, psikotes
juga wawancara untuk mendapatkan pegawai yang berkualitas. Evaluasi atau
penilaian kinerja personalia pendidikan ditemukan bahwa ada dua aspek penilain
yang dilakukan dalam menilai pegawai di Yayasan Pangudi Luhur yaitu aspek
kompetensi pegawai yang meliputi kepribadian, dan perilaku kerja pegawai
berupa DP3 dan aspek hasil pekerjaan yang diberlakukan kepada setiap pegawai
dan formatnya disesuaikan dengan tugasnya, sehingga hasilnya sesuai dengan
bidang tugas masing-masing pegawai. Demikian juga yang berwenang untuk
melakukan penilaian terhadap pegawai adalah Kepala Sekolah dan tim pembina
khusus dari Yayasan.
Kata kunci: Manajemen Personalia.