PENANAMAN SIKAP SOSIAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD N PELEMSARI

Abstrak

Argin Nur Nafeta Devi. 2016015320.Penanaman Sikap Sosial dan Keterampilan Sosial Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Pelemsari. Skripsi Jurusan / Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2020.

          Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemahaman dan upaya guru dalam menanaman sikap sosial dan keterampilan sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD N Pelemsari (2) faktor pendukung dan penghambat dalam menanaman sikap sosial dan keterampilan sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD N Pelemsari (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan penanaman sikap sosial dan keterampilan sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD N Pelemsari.

          Penelitian ini dilaksanakan di SD N pelemsari dimulai dari tanggal 21 Januari 2020 sampai 7 Februari 2020. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data primer atau subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas V yang diperoleh melalui wawancara, observasi. Data sekunder dari penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan(conclusiondrawing/verification).

          Hasil penelitian ini secara deskriptif menunjukkan bahwa : (1) Guru dan siswa paham mengenai sikap sosial dan keterampilan sosial yaitu meliputi sikap jujur, tanggung jawab, disiplin, santun, dan peduli. Penanaman sikap sosial dan keterampilan sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD N Pelemsari yaitu dengan mengkaitkan pada saat proses pembelajaran dan melalui pembiasaan dengan melakukan kegiatan yang nyata. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan sikap sosial dan keterampilan sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD N Pelemsari yaitu faktor pendukung meliputi menjalin kerja sama kepada keluarga dan masyarakat agar orang tua memberikan pengawasan dalam pergaulan siswa, memberikan contoh dalam berkomunikasi dan berperilaku. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kebiasaan siswa dari luar sulit di rubah, pengaruh perkembangan teknologi serta kurang sadarnya siswa akan pentingnya memiliki sikap sosial dan keterampilan sosial. (3) Upaya guru dalam mengatasi hambatan penanaman sikap sosial dan keterampilan sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD N Pelemsari yaitu meliputi kerja sama kepada keluarga maupun masyarakat agar memberikan pengetahuan, pengawasan yang lebih terhadap anak, melakukan pembiasaan dengan memberikan contoh baik dalam berperilaku dan berkomunikasi serta membuat peraturan.

View / Open Files
Authors
  • Argin Nur Nafeta Devi
  • Heri Maria Zulfiati
  • Dwi Wijayanti
Publication Date

2020-09

Keywords

Sikap Sosial, Keterampilan Sosial, Pembelajaran IPS