PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS PADA KELAS IV SD N BACIRO YOGYAKARTA

Abstrak

 Sofingah. 2016015181. Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Tematik Muatan IPS Kelas IV SD N Baciro Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanaman sikap sosial dalam pembelajaran tematik muataan IPS SD N Baciro Yogyakarta.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, kepala sekolah, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. 

Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa 1) cara guru menanamkan sikap sosial kepada siswa yaitu dengan cara memberi contoh, menasehati dan memotivasi siswa, membiasakan agar disiplin, mengingatkan untuk saling menghargai dan tolong menolong, juga membuat agar siswa saling berinteraksi dan saling bekerjasama. 2) faktor pendukung guru dalam menanamkan sikap sosial melalui pembelajarn tematik muatan IPS kelas IV SD N Baciro Yogyakarta yaitu: adanya kerjasama antara guru dengan wali murid, menggunakan model, metode, dan media yang menarik dan sesuai dengan materi, mengaitkan materi dengan lingkungan disekitar dan kehidupan sehari-hari. 3) hambatan guru dalam menanamkan sikap sosial dalam pembelajaran tematik muatan IPS kelas IV SD N Baciro Yogyakarta yaitu: mengulangi perilakuk yang tidak baik, latar belakang keluarga yang berbeda, karakter siswa yang berbeda, dan siswa yang suka menggerombol. 4) solusi untuk menangani hambatan dalam menanamkan sikap sosial melalui pembelajaran tematik muatan IPS adalah: mengingatkan dan memberi teguran, membuat whatsapp group antara wali murid dengan guru kelas, kerjasama antara guru kelas dengan guru pendamping, dan membuat kelompok dengan berhitung.

View / Open Files
Authors
  • Sofingah
  • Heri Maria Zulfiati
  • Endah Marwanti
Publication Date

2020-04

Keywords

Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik, Pembelajaran IPS