PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI CATURTUNGGAL 6 DEPOK SLEMAN DIY

Abstrak

Fera Novami, 2016015205, Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil belejar IPS Pada Siswa Kelas III SD Negeri Caturtunggal 6. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023.

          Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui hasil penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri Caturtunggal 6. (2) untuk mengetahui adakah kendala dalam penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri Caturtunggal 6.

          Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Caturtunggal 6 pada peserta didik kelas III dengan jumlah 18 peserta didik. Untuk metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen terdiri atas lembar wawancara dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data mnggunakan analisis model Miles dan Humberman yaitu dari reduction data (data reduksi), data display (penyajian data) conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).

          Hasil penelitian penelitian ini menunjukan bahwa (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SD  Negeri Caturtunggal 6 yaitu dapat dinyatakan bahwa penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III yaitu : pemberian materi, pembentukan kelompok, diskusi permasalahan, penyelesaian masalah, pemberian penghargaan, evaluasi. (2) untuk mengetahui adakah kendala dalam penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SD Negeri Caturtunggal 6 yaitu dalam meningkatkan penerapan problem based learning dalam pembelajaran IPS ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar atau lingkungan. Peran guru dalam mengatasi kendala dalam penerapan problem based learning belajar peserta didik yaitu guru mengevaluasi pembelajaran sudah berjalan baik, dimana setelah pembelajaran guru selalu menanyakan kembali kepada peserta didik tentang pembelajaran yang sudah disampaikan guna mengukur tingkat pemahaman peserta didik, yang diharapakan dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada pembelajaran IPS.

Kata kunci : problem based learning, meningkatkan hasil belajar

View / Open Files
Authors
  • Fera Novami
  • Kristi Wardhani
  • Endah Marwanti
Publication Date

2023-07

Keywords

problem based learning, meningkatkan hasilย belajar