PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN, YANG DIDUKUNG OLEH VARIABEL GREEN MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR (STUDI UMKM NGUDI REJEKI KELORIDA)

Abstrak

Di zaman yang semakin maju, membuat jumlah UMKM di Indonesia pun juga semakin banyak, sehingga persaingan para pemilik UMKM kian ketat. Hal tersebut menuntut agar suatu perusahaan atau UMKM harus mampu kreatif, inovatif dan juga lebih peka terhadap apa yang konsumen butuhkan.  Semua hal itu bertujuan untuk memperoleh pelanggan sebanyak mungkin dan mempertahankan pelanggan perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari “Pengaruh Brand Image, Variabel Green Marketing dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk olahan kelor serta Pengaruh Green Marketing dan brand ambassador Terhadap Brand Image produk olahan kelor”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, termasuk penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dengan variabel lain dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis. Peneliti juga menggunakan kuisioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian. Supaya memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan kuisioner dan disebarkan kepada responden atau konsumen yang mengetahui serta menjadi pengkonsumsi olahan kelor. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel brand image berpengaruh yang signifikan atau positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel green marketing tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Variabel brand image, green marketing, dan variabel brand ambassador secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel green marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel brand image. Variabel brand ambassador memiliki pengaruh positif terhadap variabel brand image. Variabel green marketing dan variabel brand ambassador secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap brand image. Dan variabel citra merek berhasil memediasi variabel green marketing dan brand ambassador, sehingga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

View / Open Files
Authors
  • Aditya Julita Sari
  • Ida Bagus Nyoman Udayana
  • Agus Dwi Cahya
Publication Date

2021-11

Keywords

brand image, green marketing, brand ambassador, keputusan pembelian, signifikan