Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif: (1) fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten, (2) secara parsial fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten, (3) secara parsial motivasi belajar MIPA terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten, (4) secara parsial kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Karangdowo.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Karangdowo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bagian dari penelitian payung. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas XI MIPA berjumlah 225 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampel Random Sampling dengan pedoman perhitungan Taro Yamane sehingga di dapatkan sampel sebanyak 144 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Uji Validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dan analisis korelasi sederhana. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasarat analisis yaitu; uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas
Hasil penelitian menunjukan (1) Secara simultan terdapat berpengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar terhadaf prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten, (2) secara parsial terdapat pengaryh positif yang signifikan antara fasiilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar MIPA Negeri 1 Karangdowo Klaten (3) secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar MIPA terhadap prestasi belajar MIPA SMA Negeri 1 Karangdowo (4) secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar MIPA di SMA Negeri 1 Karangdowo.
2020-11
fasilitas, motivasi, kedisiplinan, prestasi