Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar secara bersama – sama terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten; (2) pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di rumah secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten; (3) pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar MIPA secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten; (4) pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri di Kabupaten Klaten tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 110 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dan diambil sampel sebanyak 87 siswa. Pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar MIPA. Ujicoba intrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan multikolineritas. Uji hipotesis melalui uji regresi ganda dan korelasi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar secara bersama – sama terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di rumah secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten. Semakin lengkap fasilitas belajar di rumah prestasi belajar semakin meningkat, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar MIPA secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten. Semakin tinggi motivasi belajar prestasi belajar semakin meningkat, (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ceper Kabupaten Klaten. Semakin tinggi kedisiplinan belajar prestasi belajar semakin meningkat.
2020-11
fasilitas, motivasi, kedisiplinan, prestasi belajar MIPA