PENGARUH FASILITAS, MOTIVASI, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MIPA DI SMA NEGERI 1 CAWAS KABUPATEN KLATEN 

Abstrak

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif: (1) fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar secara bersama sama terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten, (2) secara parsial fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten, (3) secara parsial motivasi belajar MIPA terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten, (4) secara parsial kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten.

Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten pada bulan januari sampai dengan juni 2020 dengan populasi siswa kelas XI MIPA Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi 225. Teknik random sampling untuk pengambilan sampel diambil 144 siswa. Pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar MIPA. Uji coba intrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan multikolineritas. Uji hipotesis melalui uji regresi ganda dan korelasi partial.

            Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar terhadap  prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten, artinya semakin baik fasilitas belajar serta  semakin tinggi  motivasi belajar Mipa dan kedisiplinan belajar semakin tinggi prestasi belajar MIPA, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di rumah  terhadap  prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten, artinya semakin baik fasilitas belajar dirumah semakin tinggi prestasi belajar MIPA,  (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar MIPA terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten, artinya semakin tinggi motivasi belajar MIPA semakin tinggi prestasi belajar MIPA, (4) terdapat pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap  prestasi belajar MIPA siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten artinya, semakin tinggi disiplin belajar siswa makin tinggi prestasi belajar MIPA siswa.

View / Open Files
Authors
  • Agus Narimo
  • Supriyoko
  • Sunarto
Publication Date

2020-11

Keywords

fasilitas, motivasi, kedisiplinan, prestasi belajar