PENGARUH FASILITAS, MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MIPA DI SMA NEGERI 1 JATINOM KABUPATEN KLATEN 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh positif antara fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar MIPA pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten; 2) Pengaruh positif antara fasilitas belajar di rumah secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA ; 3) Pengaruh positif antara motivasi belajar MIPA secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA; 4) Pengaruh positif antara kedisiplinan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 143 orang. Sampel penelitian berjumlah 106 orang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumen prestasi belajar MIPA. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi ganda dan analisis korelasi parsial..

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten; Secara bersama-sama semakin baik fasilitas belajar di rumah, semakin tinggi motivasi belajar MIPA dan kedisiplinan belajar rmaka semakin tinggi pula prestasi belajar MIPA; 2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar di rumah secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten, semakin baik fasilitas belajar di rumah semakin tinggi prestasi belajar MIPA; 3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar MIPA secara parsial  terhadap prestasi belajar MIPA pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten; Semakin tinggi motivasi belajar MIPA semakin tinggi pula prestasi belajar MIPA 4) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar secara parsial terhadap prestasi belajar MIPA pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten yaitu semakin tinggi kedisiplinan belajar maka semakin tinggi pula prestasi belajar MIPA.

View / Open Files
Authors
  • Amin Dwi Astuti
  • Supriyoko
  • Sunarto
Publication Date

2020-11

Keywords

Fasilitas, Motivasi, Kedisiplinan, Prestasi Belajar MIPA