Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Ada pengaruh positif antara fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar MIPA serta kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. (2) Ada pengaruh positif antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar MIPA (3) Ada pengaruh positif antara motivasi belajar MIPA terhadap prestasi belajar MIPA (4) Ada pengaruh positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar MIPA
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri di Kabupaten Klaten. Sampel penelitian sejumlah 141 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket dan dokumen prestasi belajar penilaian akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan multikolineritas. Uji hipotesis melalui uji regresi linier berganda dan korelasi parsial dengan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar MIPA, dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari, yang artinya semakin tinggi fasilitas belajar di rumah, dan semakin besar motivasi belajar MIPA, serta kedisiplinan belajar maka semakin besar pula prestasi belajar MIPA, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar MIPA , yang artinya semakin tinggi fasilitas belajar di rumah maka semakin besar pula prestasi belajar MIPA (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar MIPA terhadap prestasi belajar MIPA , yang artinya semakin besar motivasi belajar MIPA maka semakin besar pula prestasi belajar MIPA (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar MIPA siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari, yang artinya semakin besar kedisiplinan belajar maka semakin besar pula prestasi belajar MIPA.
2020-11
Fasilitas, Motivasi, Kedisiplinan, Prestasi Belajar MIPA