PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2023/2024  

Abstrak

Ilham Nur Mahbubi. 2019004042. Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Belik Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh kecemasan matematika secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Belik tahun ajaran 2023/2024 secara parsial; 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Belik tahun ajaran 2023/2024 secara parsial; dan 3) Mengetahui pengaruh kecemasan matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Belik secara simultan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Belik tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan sampel adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Belik tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesinoer dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan analisis korelasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh kecemasan matematika secara signifikan terhadap hasil belajar siswa secara parsial. Kecemasan matematika dan hasil belajar mempunyai korelasi negatif yang rendah; 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar secara signifikan secara parsial. Motivasi belajar dan hasil belajar mempunyai korelasi positif yang sedang; 3) Terdapat pengaruh kecemasan matematika dan motivasi belajar secara signifikan terhadap hasil belajar secara simultan. Kecemasan matematika dan motivasi belajar mempunyai korelasi positif yang sedang terhadap hasil belajar. Kontribusi pengaruh kecemasan matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 20,1% dan sisanya yaitu 79,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut hendaknya supaya guru untuk dapat lebih memperhatikan kondisi psikologis siswa khususnya dalam kecemasan matematika dan motivasi belajar siswa dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai tujuan pembelajaran.

View / Open Files
Authors
  • Ilham Nur Mahbubi
  • Tri Astuti Arigiyati
  • Betty Kusumaningrum
Publication Date

2024-11

Keywords

Kecemasan Matematika, Motivasi Belajar, Hasil Belajar