Ikfina Hikmatur Rizki, 2020007069. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Anteng Griya Busana Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kualitas produk di Anteng Griya Busana Yogyakarta; 2) kepuasan konsumen di Anteng Griya Busana Yogyakarta; 3) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Anteng Griya Busana Yogyakarta. Kualitas produk yang baik dapat menciptakan kepuasan pada konsumen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan kepuasan konsumen di Anteng Griya Busana Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Anteng Griya Busana Yogyakarta yang berkunjung pada bulan Januari hingga September 2024 sebanyak 155 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan perhitungan rumus slovin dan diperoleh sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket yang disebarkan menggunakan tautan Google Form dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 30 konsumen yang tidak termasuk dalam sampel, namun masih dalam populasi yang sama. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 20 butir pertanyaan pada variabel kualitas produk (X) terdapat 2 butir yang tidak valid, sedangkan 20 butir soal pada variabel kepuasan konsumen (Y) seluruh item pernyataan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas dinyatakan reliabel, dengan nilai α pada variabel X = 0,757 dan variabel Y = 0,760, keduanya lebih besar dari batas minimal 0,60. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi, yang didahului dengan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kualitas produk di Anteng Griya Busana Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah frekuensi 33 dan presentase relatif sebesar 94,29%; 2) kepuasan konsumen di Anteng Griya Busana Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah frekuensi 33 dan presentase relatif sebesar 94,29%; 3) terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Anteng Griya Busana Yogyakarta dengan nilai r hitung = 0,836 > r tabel = 0,274 dengan nilai koefisien determinal (R2) sebesar 0,733. Besar pengaruh kualitas produk (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah sebesar 73%.
2025-08
Kualitas, Produk, Kepuasan, Konsumen