Pengaruh masa kerja, etos kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak se kapanewon Piyungan kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023

Abstrak

MG Budi Susanti, 2021081039 . Pengaruh Masa Kerja, Etos Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak (TK) Se Kapanewon Piyungan Bantul. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mengetahui secara simultan apakah terdapat kontribusi yang signifikan antara masa kerja, etos kerja, dan motivasi kerja  terhadap kinerja guru Taman Kanak se Kapanewon Piyungan. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi yang signifikan antara masa kerja terhadap kinerja guru Taman Kanak se Kapanewon Piyungan. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi yang signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru Taman Kanak se Kapanewon Piyungan. (4) Untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru Taman Kanak (TK) se Kapanewon Piyungan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK se Kapanewon Piyungan yang berjumlah 123 orang. Cara pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, yaitu 94 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas pengajar meningkat karena pengaruh yang baik dan substansial dari waktu kerja, etos kerja, dan motivasi. Apabila masa kerja, etos kerja dan motivasi kerja sesuai maka kinerja guru juga akan menjadi optimal, namun apabila masa kerja, etos kerja dan motivasi kerja kurang sesuai maka kinerja guru juga akan menjadi kurang optimal. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan masa kerja terhadap kinerja guru. Apabila masa kerja baik maka kinerja guru juga akan menjadi optimal, namun apabila masa kerja baik kurang baik maka kinerja guru juga akan menjadi kurang optimal. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan etos kerja  terhadap kinerja guru . Apabila etos kerja kuat maka kinerja guru juga akan menjadi optimal, namun apabila etos kerja lemah maka kinerja guru juga akan menjadi kurang optimal. (4) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru . Apabila motivasi kerja sesuai maka kinerja guru juga akan menjadi optimal, namun apabila motivasi kerja kurang sesuai maka kinerja guru juga akan menjadi kurang optimal.

View / Open Files
Authors
  • Mg.budi Susanti
  • Supriyoko
  • Rejokirono
Publication Date

2023-04

Keywords

masa kerja, etos kerja, motivasi kerja, kinerja.