Fikri Nurul Hasani. 2016015503. Pengaruh Metode Learning Start With a Question terhadap Keaktifan Bertanya dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V MI Maarif Karangrejo Borobudur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2021.
Salah satu prinsip pembelajaran yang disebutkan dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 adalah peserta didik aktif mencari tahu, salah satu caranya adalah dengan aktif bertanya. Keaktifan bertanya memiliki peranan penting bagi peserta didik, salah satunya peserta didik dapat menggali lebih banyak informasi dan pengetahuan. Namun kenyataannya masih banyak peserta didik yang tidak aktif bertanya dalam pembelajaran karena malu, takut salah, dan tidak tahu apa yang ingin mereka tanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode learning start with a question terhadap keaktifan bertanya dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas V MI Ma’arif Karangrejo Borobudur.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian learning start with a question dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 27 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yakni teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh ini adalah teknik penentuan sampel dengan semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket keaktifan bertanya dan observasi. Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dilakukan uji prasayarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t paired sample T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode learning start with a question berpengaruh terhadap keaktifan bertanya peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H diterima, artinya penerapan metode learning start with a question berpengaruh terhadap keaktifan bertanya peserta didik dalam pembelajaran matematika.
2022-01
keaktifan bertanya, metode learning start with a question, dan pengaruh