PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP 2 TUAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Abstrak

Nova Adriana Jalnuhuubun, 2016016013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP 2 Tual. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2021.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui sejauh mana kecenderungan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, 2) untuk mengetahui sejauh mana kecenderungan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dan 3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara pembelajaran model Inkuiri Terbimbing dan PBL.

Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan populasi sehingga tidak melibatkan sampel. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yang keduanya sebagai kelas eksperimen dan tidak melibatkan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan test untuk mengetahui hasil belajar IPA. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Kecenderungan hasil belajar dianalisis menggunakan kriteria normal ideal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar pada model Inkuiri Terbimbing termasuk kategori yang sangat tinggi. Kecenderungan hasil belajar pada model PBL juga termasuk kategori tinggi.

View / Open Files
Authors
  • Nova Adriana Jalnuhuubun
  • Sigit Sujatmika
  • Tias Ernawati
Publication Date

2022-08

Keywords

Inkuiri Terbimbing; Problem Based Learning; Hasil Belajar IPA