ABSTRAK
Sudiono, 2014015294. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Semester Genap SD Negeri Kembangsongo Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2018.
Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar IPA siswa kelas V semester genap SD Negeri Kembangsongo Bantul tahun pelajaran 2017/2018 yang diajarkan dengan menggunakan metode role playing dan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa kelas V semester genap SD Negeri Kembangsongo Bantul tahun pelajaran 2017/2018 yang diajarkan dengan menggunakan metode role playing dan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kembangsongo Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kembangsongo Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah keseluruhan sampel adalah 58 siswa, dengan rincian jumlah kelas VA sebagai kelas eksperimen yaitu 29 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yaitu 29 siswa. Kemampuan awal yang diambil dari nilai pretest. Validitas butir soal diuji dengan korelasi product moment. Dari 30 soal diperoleh 26 soal valid dan 4 soal gugur. Reliabilitas instrumen diperoleh dengan rumus KR-20 diperoleh = 0,732 jika dibandingkan dengan tabel reliabilitas, kelompok ini berada pada interval 0,600 0,800 termasuk kategori tinggi, maka instrumen dikatakan reliabel. Teknik analisis data dihitung menggunakan uji-t setelah dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar IPA siswa kelas V semester genap SD Negeri Kembangsongo Bantul tahun pelajaran 2017/2018 yang menggunakan metode pembelajaran role playing termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 17,035 dan yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori termasuk kategori sedang dengan skor rata-rata 12,414. Pada uji-t diperoleh nilai thitung = 4,543 dengan nilai p = 0,000 < 0,01 berarti hipotesis diterima dan ada perbedaan sangat signifikan. Hal ini berarti ada pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V semester genap SD Negeri Kembangsongo Bantul tahun pelajaran 2017/2018.
2018-07
Kata kunci : role playing, prestasi belajar, IPA