PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD SE-GUGUS 01 UMBULHARJO YOGYAKARTA

Abstrak

Siska Suharyati, NIM 2016015369. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Se-gugus 01 Umbulharjo Yogyakarta tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecenderungan hasil belajar PPKn dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match, dan menggunakan model pembelajaran Bertukar Pasangan (2) perbedaan hasil belajar PPKn antara kelas model Cooperative Learning Tipe Index Card Match dan kelas dengan model pembelajaran Bertukar Pasangan pada siswa kelas IV SD Se-gugus 01 Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Se-gugus 01 Umbulharjo Yogyakarta dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Se-gugus 01 Umbulharjo Yogyakarta yang terdiri dari 5 SD yang berjumlah 122 siswa sedangkan sampel penelitian adalah 82 siswa. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Terpilih sebagai sampel penelitian SD N Glagah menggunakan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match dan SD N Warungboto, SD Muhammadiyah Miliran menggunakan model pembelajaran Bertukar Pasangan. Validitas butir soal diperoleh dengan korelasi product moment, dari 30 soal tes hasil belajar PPKn yang telah diuji cobakan di SD N Glagah. Melalui analisis diperoleh hasil 26 butir soal valid dan 4 butir soal gugur. Reliabilitas soal diperoleh dengan menggunakan KR 20 hasil r1 = 0,850 dan dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis. Uji hipotesis menggunakan uji-T yang didahului uji prasyarat analisis, yaitu uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas varian. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar PPKn kelas IV SD Se-gugus 01 Umbulharjo Yogyakarta yang diajar menggunakan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan yang menggunakan model pembelajaran Bertukar Pasangan termasuk dalam kategori tinggi. Secara komparatif ada perbedaan signifikan prestasi hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Se-gugus 01 Umbulharjo Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020 antara pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match dengan model Bertukar Pasangan. Rerata prestasi belajar kelompok model Cooperative Learning Tipe Index Card Match lebih tinggi dibandingkan rerata model Bertukar Pasangan. Berarti ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD Se-gugus 01 Umbulharjo Yogyakarta

View / Open Files
Authors
  • Siska Suharyati
  • Nadziroh
  • Wachid Pratomo
Publication Date

2020-06

Keywords

model cooperative learning tipe index card match,hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan