Nanda Gayuh Prayogi. 2014006065. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKR SMK Muhammadiyah Gamping Yogyakarta”. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui hasil belajar Teknik Dasar Otomotif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Gamping., (2) Untuk mengetahui hasil belajar TDO dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dan (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar TDO siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Gamping Yogyakarta antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Gamping Yogyakarta berjumlah 48 siswa yang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi,dokumentasi, dan tes untuk memperoleh data hasil belajar TDO. Validitas butir soal diuji oleh expert/ahli diperoleh hasil 30 butir soal valid dan 3 butir soal tidak valid. Uji keseimbangan diperoleh nilai taraf signifikan ρ = 0,909 > 0,05, Teknik analisis data dihitung menggunakan uji-t, setelah dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar TDO siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Gamping Yogyakarta yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori sangat tinggi dan model pembelajaran konvensional (ceramah) termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis diperoleh nilai ρ = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, ada perbedaan yang signifikan hasil belajar TDO siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Gamping Yogyakarta antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran konvensional. Rerata hasil belajar TDO yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibanding model pembelajaran konvensional (ceramah). Berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar TDO siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Gamping Yogyakarta.
2019-09
Hasil Belajar, STAD, TDO