PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV DI SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA, MERTOYUDAN, MAGELANG

Abstrak

Intan Sumunar. 2015015012. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Di SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Mertoyudan Magelang. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2019. Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik bermuatan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV. Secara komparatif untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar tematik bermuatan Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelas yang diberikan perlakuan dengan pendekatan konstruktivisme dan kelas dengan perlakuan pendekatan inquiry pada siswa kelas IV SD se-gugus Ki Hajar Dewantara Mertoyudan Magelang. Hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar tematik yang diberikan pendekatan konstruktivisme dengan pendekatan inquiry pada siswa kelas IV SD se-gugus Ki Hajar Dewantara Mertoyudan Magelang. Penelitian ini dilaksanakan di SD se-gugus Ki Hajar Dewantara Mertoyudan Magelang dengan populasi seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 188 siswa. Sampel diambil secara acak dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 110 siswa yang terdiri dari dua kelas eksperimen berjumlah 55 siswa dan dua kelas kontrol berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Validitas butir soal tes diuji dengan korelasi product moment, dari 30 butir soal diperoleh 25 butir soal valid dan 5 butir soal tidak valid. Reabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus KR-20, diperoleh r11 = 0,763. Teknik analisis data menggunakan uji Z, uji prasayarat analisis meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar tematik bermuatan Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD se-gugus Ki Hajar Dewantara Mertoyudan Magelang pada kelas yang diajar menggunakan pendekatan konstruktivisme berkecenderung tinggi sedangkan pada kelas yang diajar menggunakan teknik pendekatan inquiry berkecenderungan sedang. Secara komparatif ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar tematik bermuatan Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD se-gugus Ki Hajar Dewantara Mertoyudan Magelang antara pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan pendekatan Inquiry. Hasil uji Z diperoleh Zhitung = 1,8583 dan Ztabel = 1,645 atau Zhitung > Ztabel maka hipotesis diterima. Rerata hasil belajar dengan pendekatan konstruktivisme lebih tinggi dibandingkan rerata pendekatan inquiry. Berarti ada pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD se-gugus Ki Hajar Dewantara Mertoyudan Magelang.

View / Open Files
Authors
  • Intan Sumunar
  • Heri Maria Zulfiati
  • Dwi Wijayanti
Publication Date

2019-11

Keywords

pendekatan konstruktivisme, pendekatan inquiry, hasil belajar tematik bermuatan ilmu pengetahuan sosial