PENGARUH PERSEPSI PADA MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN  TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 5 MADIUN

Abstrak

Andhira Nurkholisha Majid, 2023. Pengaruh Persepsi Pada Matematika dan Kemandirian Siswa Kelas VII MTs Negeri 5 Madiun. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023.

Penelitian ini memiliki tujuan antara lain : 1) untuk mengetahui sejauh mana kecenderungan persepsi siswa kelas VII pada mata pelajaran matematika di MTs Negeri 5 Madiun pada tahun ajaran 2022/2023; 2) untuk mengetahui sejauh mana kecenderungan kemandirian siswa kelas VII pada mata pelajaran matematika di MTs Negeri 5 Madiun pada tahun ajaran 2022/2023; dan 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi pada matematika dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 5 Madiun Tahun Ajaran 2022/ 2023 baik secara parsial maupun simultan.

Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi terhadap matematika dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 5 Madiun pada tahun ajaran 2022/ 2023 secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini dilakukan dilakukan di MTs Negeri 5 Madiun dengan populasi sebanyak 201 siswa yang dari seluruh kelas VII. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang digunakan untuk mengukur persepsi pada matematika dan kemandirian serta dokumentasi untuk mengukur tes hasil belajar matematika siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan analisis korelasi yang dilanjutkan dengan Uji T dan Uji F untuk mengetahui hubungan secara parsial dan simultan. 

Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu secara parsial : 1) persepsi pada matematika memiliki kecenderungan yang berada pada kategori sedang yaitu dengan frekuensi 58 dan presentase sebesar 64,130%; 2) kemandirian belajar yang diperoleh cenderung masuk ke dalam kategori sedang yaitu dengan frekuensi 67 dan presentase sebesar 72,826%; 3) secara parsial persepsi pada matematika memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika, secara parsial kemandirian tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dan secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi pada matematika dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 5 Madiun yang  memberikan sumbangan sebesar 16,4% terhadap hasil belajar matematika (????) dan sisanya sebesar 83,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Jadi, guru perlu memperbaiki proses pembelajaran seperti menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat menanamkan pikiran yang positif untuk meningkatkan persepsi pada matematika dan kemandirian belajar siswa dan menyebabkan hasil belajar matematika siswa juga akan meningkat.

View / Open Files
Authors
  • Andhira Nurkholisha Majid
  • Tri Astuti Arigiyati
  • Denik Agustito
Publication Date

2023-06

Keywords

Persepsi Pada Matematika (X1), Kemandirian (X2) , Hasil Belajar Matematika (????)