PENGARUH WEBSITE QUALITY DAN WEB ENTERTAINMENT TERHADAP E-LOYALTY DENGAN USER SATISFACTION SEBAGAI VATIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPPEE DI YOGYAKARTA)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh website Quality dan web entertainment terhadap e-loyalty dengan user satisfaction sebagai variabel intervening dalam penggunaan Shopee di masa pandemi. Variabel dalam penelitian ini adalah website quality, web entertainment, user satisfaction, dan e-loyalty. Responden penelitian ini adalah mahasiswa di Yogyakarta yang pernah atau sedang menggunakan Shopee. Jumlah sampel dihitung dengan Rumus Lemeshow dan mendapatkan jumlah sampel 100 responden dari populasi yang tidak diketahui.

Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang disebarkan melalui link google form. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 23 yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi, uji hipotesis, koefisien determinasi, dan uji sobel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis yang dirumuskan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Saran untuk peneliti selanjutnya agar menambahkan variabel brand trust sebagai variabel intervening.

View / Open Files
Authors
  • Manda Eka Pramudya
  • Henny Welsa
  • Nonik Kusuma Ningrum
Publication Date

2021-12

Keywords

Website quality, web entertainment, user satisfaction, e-loyalty