Citra Astaningrum. 2021015053. Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Canva IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Mutihan Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Canva IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Mutihan Yogyakarta. 2) Mengetahui kelayakan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Canva IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Mutihan Yogyakarta melalui ahli materi, ahli media, validasi guru, respon siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dengan prosedur pengembangan menurut Bord and gall dalam Sugiyono (2017, hlm. 298) yang hanya pada tahap ke-6, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Pada uji coba produk kelas IV SD Negeri Mutihan Yogyakarta yang berjumlah 10 siswa. Waktu penelitian dilakukan di semester genap tahun ajaran 2024/2025 pada bulan Oktober 2024 sampai April 2025. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, angket validasi ahli materi, ahli media, validasi guru, respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah produk Bahan Ajar Flipbook. Berdasarkan penilaian kelayakan ahli materi mendapatkan skor sebanyak 92,5% dengan kategori sangat layak, ahli media mendapatkan skor 91,6% dengan kategori sangat layak, validasi guru kelas IV mendapatkan skor 90,3% dengan kategori sangat layak, respon siswa kelas IV pada uji coba produk sebanyak 10 siswa mendapatkan skor 86% dengan kategori sangat layak.
2025-05
Bahan Ajar Flipbook, Canva, Pembelajaran IPAS