Az Zahra Amalia Setyanti. 2017005007. Pengembangan E-LKPD Fisika dengan Model Project Based Learning pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Wedi. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan E-LKPD Fisika pada materi gelombang dan bunyi yang sesuia dengan sintaks project based learning, mengetahui kelayakan hasil pengembangan E-LKPD Fisika dengan model project based learning pada materi gelombang bunyi dan cahaya bagi peserta didik dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap E-LKPD Fisika tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wedi pada semester ganjil 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reasech & Development) menurut Sugiyono yang telah disederhanakan meliputi lima tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wedi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika ditempat dilaksanakannya penelitian. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Wedi dengan responden peserta didik kelas XI IPA yang berjumlah 33 orang. Teknik analisis data validasi dengan menggunakan V Aiken dan uji keterbacaan oleh peserta didik dengan menggunakan satastika deskriptif.
Hasil penelitian dan pengembangan ini memperoleh bahwa E-LKPD Fisika dengan Model Project Based Learning pada Materi Gelombang dan Bunyi dalam format link web yang dapat diakses secara online. Format web dibuat agar mendukung proses pembelajaran jarak jauh (daring) tetapi juga dapat digunakan pada saat pembelajaran tatap muka (luring). Berdasarkan hasil analisis penilaian kelayakan diketahui bahwa E-LKPD Fisika dengan model project based learning pada materi gelombang bunyi dan cahaya memperoleh nilai rata-rata komponen kelayakan isi 0,85, komponen kebahasaan 0,93, dan komponen penyajian 0,92 masuk dalam kategori tinggi. Hasil respon peserta didik pada uji keterbacaan diperoleh nilai rata-rata sebesar 43,5% sangat setuju, 55,7% setuju, 0,7 tidak setuju, dan 0,1 sangat tidak setuju. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD Fisika yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk gelombang bunyi dan cahaya di sekolah.
2023-04
Pengembangan, E-LKPD Fisika, Project Based Learning, Gelombang Bunyi dan Cahaya