Pengembangan e-modul pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Pemeliharaan dan Perbaikan Bidang Otomotif Pada Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMK Perindustrian Yogyakarta. Skripsi. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan e-modul pada mata pelajaran teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan bidang otomotif kelas X teknik kendaraan ringan otomotif di SMK Perindustrian Yogyakarta. 2) mengetahui kelayakan e-modul pada mata pelajaran teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan bidang otomotif siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D) yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan). development (pengembangan), dan dessiminate (penyebaran). Media yang di kembangkan berupa e-modul pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X teknik kendaraan ringan otomotif di SMK Perindustrian Yogyakarta. Objek pada penelitian ini adalah e-modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) penelitian ini menghasilkan e-modul pembelajaran, 2) e-modul layak digunakan dengan diperoleh hasil rerata skor dari ahli materi dengan skor 89% yaitu masuk dalam kategori sangat layak dan hasil dari ahli media dengan skor 73,4% masuk dalam kategori layak. 3) Respon siswa diperoleh rerata skor 83% yaitu masuk dalam kategori sangat layak. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan e-modul pembelajaran yang memudahkan siswa memahami materi teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan otomotif. E-modul ini dapat diakses kapan saja dan di mana saja, serta dinilai sangat layak oleh ahli materi dan siswa, dan layak oleh ahli media.
2024-12
e-modul, media, pengembangan