PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEER ASSESMENT AKTIVITAS BELAJAR PADA SISTEM AMONG DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

Abstrak

Tujuan penelitian : (a) Merumuskan konstruk dan Menyusun instrumen peer assessment aktivitas belajar pada sistem among (b) Mendiskripsikan hasil peer assessment menggunakan instrumen yang telah dikembangkan.

Pendekatan yang digunakan adalah pengembangan instrument dari Mccoach yang dimodifikasi, terdiri dari 16 langkah. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Prambanan kelas X, XI dan XII. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Subjek penelitian adalah 393 siswa, 58 siswa untuk uji coba terbatas, 335 untuk uji coba diperluas. Analisis data yang digunakan adalah validitas isi dari Aiken, validitas konstruk dengan EFA (Exploratory Factor Analysis), reliabilitas dengan pendekatan alpha cronbanch dan hasil penilaian dengan statistik deskriptif. Analisis menggunakan bantuan program Excel dan SPSS 20.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk instrumen penilaian terdiri atas 7 komponen yang meliputi kegiatan melihat, berbicara, mendengarkan, menulis, motorik, mental dan emosional. Bentuk penilaian yang dikembangkan adalah peer assessment (PA) dengan pendekatan Aiken. Hasil uji coba terbatas diperoleh Validitas isi dengan penghitungan indeks Aiken dengan hasil semua butir memiliki nilai lebih besar dari 0,7. Validitas konstruk instrumen dengan pendekatan Exploratory Factor Analisis diperoleh nilai sebesar 0,690 lebih besar dari 0,50. Dari 25 butir instrumen yang dianalisis terdapat 2 butir instrumen yang gugur. Kemudian dilakukan uji coba diperluas dengan Uji reliabilitas dari 23 butir instrumen yang valid diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,767 yang berarti bahwa butir instrument tersebut reliabel. Validitas instrument diperoleh nilai sebesar 0,904 lebih besar dari 0,50 sehingga ke 23 butir instrumen tersebut valid. Instrumen yang dikembangkan digunakan untuk menilai aktivitas belajar siswa pada tingkat sekolah menengah atas dengan sistem among sebagai bahan untuk mengisi laporan hasil belajar. Efektivitas instrumen yang dikembangkan dinilai efektif oleh guru, 92% guru menyatakan instrumen sangat efektif ditinjau dari aspek kemudahan, kemanfaatan dan keakuratan.

View / Open Files
Authors
  • Syahda Maulana Sari
  • Mulyoto
  • Ari Setiawan
Publication Date

2020-11

Keywords

Sistem Among, Aktivitas Belajar, Instrumen Peer Assesment