PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS SISWA KELAS X SMK TAMANKARYA JETIS

Abstrak

Rofina Amelia Medi. 2016005012.  Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Fisika Berbasis Project Based Learning Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan serta mengetahui  respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika  berbasis Project Based Learning pokok bahasan Fluida Statis. Jenis penelitian yaang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan ini terdiri dari 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir.Uji kelayakan LKPD menggunakan angket skala Likert dengan divalidasi oleh tiga validator dan 12 responden.Uji coba produk yang dilakukan memuat uji keterbacaan LKPD yang dilaksanakan di SMK Tamankarya Jetis. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh produk berupa LKPD  fisika berbasis Project Based Learning pokok bahasan  fluida statis berdasarkan penilaian dari dua dosen pendidikan fisika dan satu guru fisika adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rerata 3,57. Uji respon siswa terhadap LKPD fisika berbasis Project Based Learning pokok bahasan fluida statis berdasarkan penilaian dari 12 siswa adalah Setuju (S) dengan skor rerata 3,15, sehingga LKPD berbasis Project Based Learning layak diguakan.

View / Open Files
Authors
  • Rofina Amelia Medi
  • Widodo Budhi
  • Handoyo Saputro
Publication Date

2020-09

Keywords

LKPD, Project Based Learning, Fluida Statis