Sinta Sulistyawati. 2016015285. Pengembangan LKPD berbasis HOTS dan Ajaran Ki Hadjar Dewantara pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, 2020.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan ajaran Ki Hadjar Dewantara (Tri N) pada pembelajaran matematika kelas IV SD materi keliling dan luas bangun datar. Selanjutnya, bertujuan untuk menguji kelayakan dari Lembar Kerja Peserta Didik yang dibuat dalam penelitian ini.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dengan menguji kelayakan dari produk yang telah dikembangkan. Model pengembangan, yaitu ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry, yaitu analysis (analisis), design (perancangan produk), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B SD Winongo. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini terdiri atas angket validasi dan angket respon peserta didik. Kelayakan produk didasarkan pada hasil dari validator 1 (dosen PGSD UST), validator 2 (Dosen PGSD UST), dan guru kelas IV SD Winongo.
Hasil penelitian ini adalah produk LKPD yang berbasis HOTS dan Ajaran Ki Hadjar Dewantara pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD. Berdasarkan hasil validasi, produk LKPD yang dibuat layak digunakan dan termasuk dalam kategori sangat valid, dengan rata-rata 78,6. Berdasarkan hasil dari respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD ini termasuk dalam kriteria baik atau layak digunakan dengan rata-rata 48,9. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis HOTS dan Ajaran Ki Hadjar Dewantara pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar, layak dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan hal tersebut, maka hendaknya guru dapat mengembangkan sumber belajar sesuai dengan kriteria dan kebutuhan peserta didik sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada perserta didik.
2020-10
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), HOTS, Ajaran Ki Hadjar Dewantara, Matematika