PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Peserta Didik SMA

Abstrak

Aleksander F. Lerian. 2015005017. Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Based Learninig pada Materi Usaha dan Energi untuk Peserta Didik SMA. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap LKPD Fisika Berbasis Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi untuk peserta didik SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pocoronaka.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono  dengan menggunakan 8 tahapan yaitu  potensi dan masalah, pengumpulan data, desain LKPD, validasi, revisi , uji coba LKPD, revisi, dan LKPD akhir. Uji coba kelayakan menggunakan angket skala likert dan divalidasi oleh ketiga validator, yaitu dua dosen ahli fisika dan satu guru fisika. Uji coba LKPD terbatas diujicobakan kepada peserta didik kels XI dengan responden sebanyak 15 peserta didik.

Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa LKPD Fisika Berbasis Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi dengan perolehan skor rata-rata persentase oleh validator yaitu sebesar 62% pada kriteria penilaian sangat baik, dan 38% pada kriteria penilaian baik, dan rata-rata persentase frekuensi respon peserta didik menyatakan LKPD sebesar 58% pada kriteria penilaian sangat baik, dan 42% pada kriteria penilaian baik. Berdasarkan hasil tersebut maka LKPD yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar di sekolah.

View / Open Files
Authors
  • Aleksander F. Lerian
  • Widodo Budhi
  • Puji Hariati Winingsih
Publication Date

2021-06

Keywords

LKPD, Fisika, Problem Based Learning, Usaha dan Energi