Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) prosedur pengembangan
LKPD IPA berbasis tri-nga pada materi pemanasan global untuk peserta didik
kelas VII SMPN 4 Bantan, 2) kelayakan LKPD IPA berbasis tri-nga pada materi
pemanasan global untuk peserta didik kelas VII SMPN 4 Bantan, dan 3) respon
peserta didik kelas VII SMPN 4 Bantan terhadap LKPD IPA berbasis tri-nga pada
materi pemanasan global yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Prosedur pengembangan LKPD menggunakan model 4-D (Four-D
Model) yang dilakukan hanya sampai 3 tahap, yaitu define (pendefinisian), design
(perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian kelayakan produk LKPD
IPA berbasis tri-nga dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru IPA SMP, dan
peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan
dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif sesuai pedoman skala
likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis tri-nga yang
dikembangkan dinyatakan “Baik” berdasarkan penilaian ahli materi dan guru IPA,
dinyatakan “Sangat Baik” berdasarkan penilaian ahli media dan mendapatkan
respon “Baik” dari peserta didik. Dari hasil penilaian diperoleh hasil perolehan
rata-rata skor 138,5 dari ahli materi, 113 dari ahli media, 131,5 dari guru IPA, dan
rata-rata respon peserta didik kelas VII SMPN 4 Bantan sebesar 101,7.
Berdasarkan penilaian tersebut LKPD IPA berbasis tri-nga dinyatakan layak
digunakan dalam pembelajaran IPA di SMPN 4 Bantan.
2021-08
Pengembangan LKPD IPA, Tri-Nga, Pemanasan Global, Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Bantan