Pengembangan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Teks Persuasif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panjatan

Abstrak

Indah Yuni Lestari. 2017001055. Pengembangan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Teks Persuasif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panjatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta 2021.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan hasil validasi produk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media audiovisual powtoon oleh expert dan stakeholder. (2) Mendeskripsikan efektivitas media audiovisual powtoon dalam pembelajaran teks persuasif berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas VIII SMP N 2 Panjatan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D). Metodelogi penelitian ini berdasarkan model pengembangan Borg and Gall (2003:775) berkombinasi dengan Sukmadinata (2005:182-189) yang telah dimodifikasi dengan menggabungkan kedua model pengembangan tersebut. Prosedur pengembangan yang digunakan dengan penelitian ini terdiri dari tiga langkah yaitu (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap pengujian. Sebelum melakukan uji coba, produk divalidasi oleh expert dan stakeholder.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi stakeholder atau guru pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan rerata skor 4, persentasi 85% masuk dalam kategori baik dan validasi pada media audiovisual powtoon rerata skor 4, persentasi 85% masuk dalam kategori baik. Hasil validasi expert pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan rerata skor 5, persentasi 100% masuk dalam kategori sangat baik dan validasi pada media audiovisual powtoon rerata skor 5, persentasi 100% masuk dalam kategori sangat baik. (2) Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran teks persuasif dapat meningkat. Hasil pembelajaran keterampilan menulis teks persuasif  siswa kelas VIII SMP N 2 Panjatan pada semester lalu memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,06 masuk dalam kategori cukup. Uji coba terbatas memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,19 masuk dalam kategori baik. Uji coba lebih luas memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,42 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media audiovisual powtoon layak untuk dikembangkan dan digunakan pada proses pembelajaran.

View / Open Files
Authors
  • Indah Yuni Lestari
  • Siti Rochmiyati
  • Ermawati
Publication Date

2021-05

Keywords

: RPP, Powtoon, Keterampilan Menulis, Teks Persuasif